Tips Memilih Parfum



Tips Memilih Parfum

Karakter seseorang dapat terbaca dari jenis parfum yang digunakan.
Aroma wewangian yang terpancar dan tubuh akan mengungkapkan bagaimana perasaan Anda tentang diri sendiri (apakah Anda merasa seksi, tomboy dan feminin) dan bagaimana Anda menginginkan orang lain menilai diri Anda sendiri.

Maka dari itu perlu diperhatikan tips untuk memilih parfum yang tepat untuk mengekspresikan siapa diri Anda.

Memilih Wewangian Yang Tepat Untuk Anda
  • Jangan ragu untuk mendatangi counter parfum dan meminta beberapa sample dalam bentuk kertas untuk bahan pertimbangan. Dengan cara ini, Anda tidak terburu-buru dalam memilih parfum.
  • Buat daftar wewangian kesukaan Anda, apa saja. Bisa saja aroma coklat, vanila, almond, bahkan daun atau buah kering. Ini memudahkan Anda untuk mengeceknya pada label yang tercantum di botol.
  • Jangan tergiur dengan tampilan parfum. Anda mungkin tertarik dengan bentuk botolnya yang unik, tapi belum tentu Anda menyukai wewangiannya.
  • Jangan terburu-buru ketika memilih wewangian baru dan jangan hanya berpatokan pada wewangian untuk wanita saja. Terkadang ada parfum khusus pria dengan wewangian ringan sehingga tidak terkesan sangat maskulin.
Wewangian dan Kenangan Indah
Mengapa kita tertarik dengan beberapa wewangian, namun tidak menyukai suatu wewangian tertentu? Hal ini diatur oleh bagian pada otak kita untuk mengenali wewangian, yaitu sistim penciuman, dan menyambungkannya pada sistim limbic yang mengendalikan emosi kita. Ketika kita menghirup sesuatu yang tidak asing, maka sistim otak akan mengenalinya dan mencocokkannya dengan kenangan emosional lalu kita.
Jadi bila suatu parfum memicu kenangan tidak menyenangkan, maka kita tidak akan memilihnya. Sementara bila wewangian tersebut mengingatkan kita akan kenangan yang indah, maka kemungkinan besar kita akan menyukainya. Itulah sebabnya setiap orang memiliki selera wewangian yang sangat personal karena masing-masing memiliki pengalaman hidup yang berbeda. Jadi jangan heran bila seseorang menyukai jenis wewangian tertentu, sementara Anda tidak. Bisa jadi wewangian itu ada hubungannya dengan pengalaman tidak menyenangkan yang anda alami.

Fakta Seputar Parfum
  • Sebuah parfum dapat mengandung bahan dasar sejumlah 10 sampai lebih dari 500.
  • Bagi yang memiliki kulit kering, biasanya parfum yang dikenakan lebih cepat hilang wanginya dibanding mereka yang memiliki kulit berminyak. Anda dengan kulit berminyak memiliki lebih banyak pelembab alami untuk mengikat wewangian tersebut.
  • Suhu yang panas akan mempercepat wewangian menguap. Jadi bila Anda akan beraktifitas di luar ruangan, gunakan saja wewangian ringan yang dapat diulangi pemakaiannya. Ketika kita berada di dalam ruangan, wewangian lebih tahan lama.
  • Jangan memakaia parfum berlebihan, hanya karena Anda merasa tidak dapat mencium wewangiannya. Begitu kita terbiasa dengan suatu wewangian, maka Anda bisa jadi tidak akan dapat merasakannya lagi. Tetapi jangan khawatir, wewangian itu tetap ada dan tercium dengan jelas oleh orang lain.
Yang perlu dilakukan :
  • Mengenakan parfum sehabis mandi selagi suhu tubuh hangat dan pori kulit masih terbuka, sehingga wewangian lebih terserap oleh tubuh.
  • Tes parfum pada bagian pergelangan tangan (bukan pada punggung telapak tangan), tempat ini merupakan daerah kulit yang di hangat nadi.
  • Pahami usia pakai wewangian Anda. Setelah botol dibuka, wewangian dapat bertahan sampai sekitar satu tahun. Namun, semakin isinya berkurang maka keberadaan udaranya pun dapat mempengaruhi wewangian tersebut. Sementara botol yang tidak dibuka, dapat tahan sampai beberapa tahun, walaupun warnanya dapat berubah. Namun ini tidak berarti wewangiannya telah berubah.
Yang perlu dihindari :
  • Bila berencana memakai parfum untuk acara spesial, sebaiknya hindarkan dulu mengkonsumsi bawang putih atau bawang bombay. Makanan dengan aroma yang kuat akan mengganggu wewangian yang kita pakai.
  • Jangan langsung menilai parfum dari semprotan pertamanya. Jika Anda tidak menyukai wangi awalnya, mungkin setelah beberapa lama Anda menyukai wangi yang tertinggal.
  • Jangan menyemprotkan parfum pada bagian kulit yang sering terkena sinar langsung matahari. Kandungan alcohol dapat membuat perubahan warna pada kulit.
Semoga bermanfaat.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »