Panduan Pemberian Makanan Padat untuk Usia 9+ Bulan

Panduan Pemberian Makanan Padat untuk Usia 9+ bulan

Ketika si Kecil memasuki usia 9 bulan, sudah saatnya Ibu meningkatkan konsitensi makanannya menjadi makanan yang diumbuk, dicincang atau dicacah, bukan lagi disaring.

Pengenalan Makanan
Pengembangan tekstur yang semakin kasar dan padat, serta rasa yang bervariasi.
Contoh : bubur bayi, nasi tim, finger foods

Perkembangan ketrampilan makan
Kepandaian mengunyah, menelan dan menggigit semakin berkembang
Mampu memegang makanan dan botol.

Perkenalan Makanan
Mulai diperkenalkan dengan telur, ikan, kerang, keju, kacang. Disesuaikan berdasarkan kematangan system kekebalan si kecil.

Kebutuhan Nutrisi 620 – 980 kkal
Dihitung berdasarkan Tabel Angka Kecukupa Energi dan Protein pada Bayi dan Balita (Widya Karya Nasional Pangan dan Gizi, 1988. LIPI Jakarta), dengan acuan kisaran BB dan table penilaian statusGizi Usia 0 – 59 bulan berdasarkan berat badan dan umur (Berdasarkan Kep. Menkes RI No 229/Menkes/Sk/VII/2002).

Buah
Memasuki usia 9 Bulan, biasanya gigi geligi si kecil sudah tumbuh. Pada saat ini, selain dihaluskan (diparut, disaring atau diblender), Ibu juga sudah bisa mulai bisa menghidangkan buah sebagai finer foods. Pepaya, pisang, apel, pir, alpukat bisa ibu potong kecil-kecil dan hidangkan dakam piring, biarkan sikecil mulai belajar makan sendiri.

Sayur
Selain sebagai campuran dalam bubur, sayur seperti wortel atau buncis, bisa ibu rebus lalu ibu potong kecil-kecil dan hidangkan sebagai finger foods.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »